A.
Berdasarkan taksonomi bloom
tujuan pembelajan antara lain:
2.
Untuk membuat RPP dengan materi
Psikologi Pendidikan.P3
sumber gambar : www.umm.ac.id |
4.
Untuk memberikan contoh
tentang RPP dibawah ini. C2
Menurut asal katanya,
psikologi berasal dari kata Yunani: Psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara
harfiah psikologi berarti ilmu jiwa. Dalam bahasa Arab disebut ulumun
Nafsi.
Menurut Sarlito
Wirawan Sarwono, Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah
laku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya.
Menurut John W. Santrock,
Psikologi adalah studi ilmiyah tentang prilaku dan proses mental. Psikologi
pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara
memahani pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
C.
Ayat Al-Qur’an
Katakanlah! Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaanya
masing-masing. Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. (Q.S. Al-Israa 17:84)
Ayat ini menyatakan
bahwa manusia memiliki posisi yang unik. Keunikan yang demikian dapat
ditafsirkan dalam bentuk fisik, kognitif, emosional, moral, dan karakteristik
social.
D.
Manfaat Psikologi
Pendidikan
1.
Untuk memperoleh pemahaman gejala- gejala jiwa dan pengertian yang
lebih sempurna tentang tingkah laku sesama manusia pada umumnya dan
anak-anak khususnya.
2.
Untuk mengetahui perbuatan-
perbuatan jiwa serta kemampuan jiwa sebagai sarana untuk mengenal tingkah
laku manusia.
3.
Untuk mengetahui cara
penyelenggaraan pendidikan dengan baik.
4.
Untuk mengetahui perilaku
manusia sebagai upaya menyesuaikan diri dan berhubungan dengan orang lain,
sehingga memudahkan memahami mengapa mereka berpikir, berperasaan dan
berbuat menurut cara mereka sendiri.
5.
Dalam rangka mengatasi
permasalahan social, psikologi dapat mengurai pangkal masalah, setidaknya
mengurangi problem sosial.
6.
Kita bisa peka terhadap
perasaan orang lain.
7.
Mampu mencapai kualitas
hidup yang lebih baik.
8.
Mampu memaksimalkan potensi
diri sendiri maupun orang lain dengan cara yang tepat.
9.
Hidup menjadi lebih sehat.
Karena psikologi merupakan ilmu yang mempelajari jiwa tentunya tidak
terpisahkan dari jasmani. Dengan bantuan cara berfikir positif maka dapat
menjadikan kita lebih sehat.
10. Dapat memperkaya gaya kepemimpinan.
E.
Ruang Lingkup Psikologi
Pendidikan
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi-pendidikan/ |
1. The
science of educational psychology (pengetahuan tentang psikologi pendidikan)
2.
Heredity and environment
(Bawaan/ bakat dan lingkungan)
3.
Physical structure
(susunan/ struktur tubuh)
4.
Growth and development
(pertumbuhan dan perkembangan)
6.
Nature and scope of
learning (alarm dan lingkungan belajar)
7.
Factors that condition
learning (faktor dan keadaan belajar)
8.
Law and theories of
learning (hokum dan teori belajar)
9.
Measurement: basic
principles and definition (mengukurdan pengertian prinsip dasar)
10. Transfer of training: subject matter (mengajar latihan)
11. Practical aspect of measurement (aspek pengukuran)
12. Element of statistics
13. Mental hygiene (kesehatan mental)
14. Character education (karakter pendidikan)
15. Psychology of secondary school subject
16. Psychology of elementary school subject
F. Metode Penelitian
Psikologi Pendidikan
1
Metode Experimen
2.
Metode kuesioner
3.
Metode studi kasus
4.
Metode penyelidikan klinis
5.
Metode observasi
naturalistic
6.
Metode ilmiah
Sumber:
John W. Santrok, Psikologi Pendidikan, terjemahan,
Kencana
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan (Bandung:
Rosdakarya, 2002)
Sarlito Wirawan Sarwono, pengentar Umum Psikologi
(Jakarta: Bulan Bintang, 2003)
Taksonomi Bloom
http://radiefwisnu.blogspot.com/2012/08/psikologi-perkembangan-menurut-islam.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama : Farhan Nur Fajri
Satuan Pendidikan :
SMP Jamiyatul Khair
Berat Badan : 38 kg
Tinggi Badan : 145 cm
Umur : 12 tahun
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas/Semester : VII/ II
Topik : Keanekaragaman Makhluk hidup
Sub Topik : Ciri-ciri Makhluk Hidup
Klasifikasi
Makhluk Hidup
Keragaman
pada Sistem Organisasi Kehidupan
Alokasi Waktu : 1x60menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan alam terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
B.
KOMPETENSI DASAR
3.6 Memahami keanekaragaman makhluk hidup
3.6.1 Mengidentifikasi cirri-ciri makhluk hidup.
3.6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan
ciri-ciri yang dimiliki.
3.6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem oraganisasi
kehidupan mulai
dari tingkat sel sampai organisame.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.1 Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup dikarenakan
siswa dalam tahap oprasional formal yang dapat membayangkan konsep. C1
1.2 Siswa mampu menguraikan klasifikasi makhluk hidup dikarenakan
siwa dalam tahap oprasional formal yang dapat menyusun. C2
1.3 Siswa mampu mengidentifikasi keragaman pada sistem organisasi
kehidupan dikarenakan siswa dalam tahap oprasional formal yang dapat memahami
konsep. C1
1.4 Siswa mampu membedakan makhluk hidup satu dengan lainnya dikarenakan
siswa dalam tahap oprasional formal yang dapat menghipotesa. P1
1.5 Siswa
mampu memperlihatkan ciri-ciri makhluk hidup dikarenakan siswa dalam
tahap oprasional formal yang dapat menguji hipotesa. P3
1.6 Siswa
mampu menghubungkan makhluk hidup dengan lingkungannya dikarenakan siswa
dalam tahap oprasional formal yang dapat memikirkan. A4
1.7 Siswa
mampu membuktikan ciri- cirri yang dimiliki makhluk hidup dikarenakan
siswa dalam tahap oprasional formal yang dapat menalarkan. A5
(Jeanne
Ellis Ormrd, Psikologi Pendidikan.Jakarta: Erlangga. 2008)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar